Jakarta, ERANASIONAL,COM – Tol Yogyakarta-Solo dibuka secara fungsional untuk perjalanan mudik Lebaran 2024 mulai hari ini, Jumat (5/4/2024). Tol sepanjang 22 kilometer yang menghubungkan Colomadu, Karanganyar, Jawa Tengah sampai dengan Ngawen, Klaten itu disebut mampu memangkas waktu perjalanan hingga 25 menit.

PT Jasamarga Jogja Solo (JMJ) selaku pengelola jalan Tol Solo-Yogyakarta-YIA mengklaim, dengan pengoperasian jalur fungsional ini maka pengendara tidak perlu melewati belasan Alat Pemberi isyarat Lalu Lintas (APILL) yang tersebar di sepanjang ruas jalan Tugu Kartasura, Delanggu dan Jalan Raya Solo-Yogyakarta.

“Dengan melewati jalur fungsional ini, masyarakat tidak perlu melewati 15 titik lampu APILL serta menghemat waktu perjalanan dari akses/Gerbang Tol (GT) Colomadu menuju Klaten hingga 25 menit jika dibandingkan dengan jalan nasional,” kata Rudy Hardiansyah, Direktur Utama PT JMJ dalam keterangannya.

Rudy menerangkan, jalur fungsional Jalan Tol Yogyakarta-Solo ruas Colomadu-Ngawen merupakan bagian dari pekerjaan tahap 1 Jalan Tol Yogyakarta-Solo. Menurutnya, jalur fungsional ini akan dioperasikan saat periode arus mudik dan arus balik Lebaran 2024.

Rudy berpesan kepada masyarakat yang berniat mudik via jalur fungsional ini agar sebaiknya memahami arah arus kendaraan saat periode arus mudik maupun arus balik.

Dijelaskan Rudy, pada 5-11 April 2024 jalur fungsional Tol Yogyakarta-Solo akan berlaku satu arah dari Colomadu menuju Ngawen.

Sementara pada periode arus balik, jalur fungsional Tol Yogyakarta-Solo ini akan berlaku satu arah dari Ngawen menuju Colomadu terhitung mulai 12-15 April 2024.