Surakarta, ERANASIONAL.COM – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menyelesaikan pekerjaan rehabilitasi Pasar Jongke yang berada di Kelurahan Pajang, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

Peresmian Pasar Jongke secara seremonial dilakukan dengan penandatanganan prasasti oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Direktur Jenderal (Dirjen) Cipta Karya Kementerian PUPR Diana Kusumastuti, Pj Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana, dan Walikota Surakarta Teguh Prakoso, Sabtu 27 Juli 2024.

Jokowi mengatakan, pasar memiliki peran vital dalam menggerakkan perekonomian rakyat, di mana semua barang dan komoditas yang dihasilkan petani, nelayan maupun pengrajin diperjual belikan di pasar rakyat.

Untuk itu, pemerintah melalui Kementerian PUPR berkomitmen untuk melakukan perbaikan (rehabilitasi) atau pembangunan pasar sebagai penunjang pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

“Dulu yang sebelumnya pernah ke Pasar Jongke, saya ingin tanya sekarang apakah lebih bagus? Saya sendiri juga kaget, mal saja kalah. Tetapi yang paling penting pasar harus ada tempat parkir sehingga pengunjung nyaman,” kata Jokowi.

Dengan selesainya pekerjaan rehabilitasi Pasar Jongke, Jokowi berpesan kepada para pedagang untuk bisa melayani konsumen dengan baik dan ramah.

Selanjutnya kepada pengelola pasar untuk betul – betul menjaga kebersihan dan merawat bangunan pasar.

“Jaga kebersihannya, higienisnya jangan sampai kotor dan bau, karena saya tadi masuk ke dalam betul-betul manajemennya sangat baik,” pesn Jokowi.

Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR Diana Kusumastuti mengatakan pembangunan/rehabilitasi pasar dilakukan untuk memperbaiki fungsi pasar sebagai sarana perdagangan rakyat sehingga menjadi bangunan yang aman, nyaman, bersih, tertata, dan lebih estetis (tidak kumuh).