Warga Perumahan Mutiara Tragung membentangkan bendera merah putih seanjang 248 meter di Desa Tragung, Kecamatan Kandeman, Kabupaten Batang.

Batang – Bendera merah putih dengan ukuran 248 x 1,5 meter dibentangkan oleh warga Perumahan Mutiara Tragung di Desa Tragung, Kecamatan Kandeman, Kabupaten Batang, Senin (1/8/2021).

Ketua Paguyuban Damai Sejahtera Perumahan Mutiara Tagung 1, M. Syamsir mengatakan, pembentangan bendera merah putih tersebut dilakukan untuk memeriahkan perayaan HUT Ke-77 Republik Indonesia.

“Selain sebagai bentuk perayaan hari ulang tahun, juga untuk tempat berteduh aktivitas kemerdekaan seperti lomba-lomba. Karena teriknya matahari yang sangat panas disini pada waktu siang hari,” katanya.

Syamsir menjelaskan, pembentangan bendera dilakukan secara gotong royong oleh warga mengelilingi jalan di dua blok RT 13 RW 06 atau melewati 45 rumah. Teknik yang digunakan hanya memakai tambang yang diikat di rumah-rumah warga.

“Bendera merah putih yang dibentang saat ini adalah hasil jahitan salah satu warga yang membutuhkan waktu selama seminggu,” jelasnya.

Pembuatan dan pemasangan bendera itu menghabiskan uang Rp 4 juta yang sumber pendanaan berasal dari iuran warga paguyuban damai sejahtera.

“Rencananya, bendera merah putih ini dipasang selama sebulan penuh sesuai imbauan dari pemerintah pusat. Jika ada ikatan tambang yang putus, pasti kita perbaiki,” ujar dia.

Ia berharap, pembentangan bendera merah putih itu dapat diselenggarakan setiap tahunnya dengan ukuran lebih panjang lagi. (*)