“Ini sangat sangat luar biaso, mari kito do’akan beliau dari lubuk hati yang paling dalam,” katanya.

Menurutnya, bahwa menyantuni anak yatim merupakan akhlak yang sangat mulia.

“Sebagaimana Hadits Riwayat Bukhari Muslim, Rasulullah SAW mengatakan bahwa siapa yang mengurusi dan merawat anak yatim dengan kasih sayang, akan bersama dengan Rasullullah di surga,” ucap Fauzan.

Ditempat terpisah, Buya Ardi salah satu penceramah kondang Bungo berpendapat menyembunyikan sedekah paling utama, tapi Allah tidak melarang umat-Nya yang ingin bersedekah secara terang-terangan tanpa bermaksud riya.

“Orang-orang yang menginfakkan hartanya malam dan siang hari (secara) sembunyi-sembunyi maupun terang-terangan, mereka mendapat pahala di sisi Tuhannya. Tidak ada rasa takut pada mereka dan mereka tidak bersedih hati,” (QS Al Baqarah, 2: 274),” jelas dia.

Manfaat bersedekah secara terang-terangan kata Buya Ardi, diantaranya memberi contoh dan mengajak orang lain untuk bersedekah.

Kemudian mencegah perkataan buruk. Karena ketika kita diberikan harta lebih dari cukup, seringkali memicu perkataan buruk dari orang lain maupun kerabat. Misalnya seperti “orang kaya kok tidak mau sedekah, memalukan,”

“Bersedekah bukan bertujuan agar tidak digunjing, melainkan kita juga memiliki hak mencegah orang lain berbuat zalim atau tercela,” pungkasnya.